Minggu, 09 Juni 2013

Dewa Budjana: Buat Apa "Go International" dengan Lagu Barat

 

Banyak artis musik Indonesia yang berambisi untuk menembus ke industri musik internasional alias go international. Namun, menurut gitaris I Dewa Gede Budjana (49), apalah arti ambisi tersebut jika setelah berada dalam industri musik internasional para artis musik Indonesia justru mengedepankan lagu-lagu barat.


"Orang gembar-gembor go international, tapi buat apa kalau nantinya malah bawain lagu-lagu barat. Mereka (musisi barat) sudah lebih dulu, jauh sekali, jadi enggak aneh lagi kalau go international dengan lagu barat," tutur Budjana dalam wawancara sesudah acara peluncuran album solo terbarunya, Joged Kahyangan, di RW Lounge, Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2013) malam.

Sebaliknya, Budjana menganjurkan agar artis musik Indonesia bisa mengedepankan musik Indonesia dengan kekhasannya. "Saya sendiri bikin album dengan musik Nusantara. Harapannya, semoga mereka (orang-orang barat) bisa mengenal, 'Oh ini lagu Indonesia'," kata pria Bali ini.

Budjana pun mengaku tetap optimistis bahwa penjualan album fisik musik instrumental tetap memiliki pasar setia, dibandingkan dengan album fisik musik pop, yang cenderung dilalap oleh para pembajak. "Optimistis pasti, album fisik instrumental masih dicari, daripada musik yang pop, itu sudah jatuh sekali," ujarnya.


Sumber : kompas.com

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar