Sabtu, 15 Juni 2013

Indahnya Pantai Ora di Maluku...


Pada tanggal 25 Mei 2013 Tim Baronda Maluku yang terdiri dari blogger, photographer dan videographer menjelajahi Maluku dengan dukungan penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Baronda Maluku (bahasa daerah maluku) yang mempunyai arti "jalan-jalan ke Maluku" mengeksplore keindahan Maluku yang tidak banyak orang tahu. Kali ini tim mengunjungi Pantai Ora.

Pantai Ora ini adalah lokasi paling favorit saya di Taman Nasional Manusela, Pulau Seram. Untuk bisa ke Pantai Ora ini harus menggunakan kapal bermotor dari pelabuhan Manusela selama 15 menit karena tidak ada akses jalan darat menuju pantai ini.

Sesampai Pantai Ora terbayar sudah perjalanan panjang dari Ambon menuju TN Manusela ini, karena keindahan di sekitar pantai yang membuat Pantai Ora begitu spesial. Di sepanjang jalur pantai terlihat terumbu karang yang berwarna warni. Bahkan kita belum snorkeling saja sudah terlihat jelas keindahan bawah laut ini jika dilihat dari atas dermaga.

Pantai Ora berada di Desa Saleman, Seram Utara, Maluku Tengah. Pantai ini mengingatkan saya dengan pantai-pantai yang berada di Misol Raja Ampat, Pulau Maratua di Kalimantan Timur dan Maladewa.

Ora Resort. (Foto: Barry Kusuma)
Ya, karena di pantai ini terdapat Ora Resort yang merupakan resort satu-satunya yang berada di pantai ini dan letaknya berada di atas laut. Ketika kita keluar dari resort langsung disuguhi keindahan coral dan keanekaragaman ikan yang tepat di bawah kita. Bahkan kita bisa langsung berenang dari depan kamar.

O iya, Pantai Ora ini hanya berjarak 1,5 jam perjalanan menggunakan speed boat jika kita ingin ke Misool Raja Ampat lho. Hanya sayangnya pada saat saya menulis artikel ini belum ada dive center di kawasan ini.

Pantai Ora cocok banget bagi yang pergi bersama pasangan dan honeymooners di sini. Pantai Ora juga masih punya pemandangan bawah laut yang memesona. Selami perairannya dan Anda akan melihat dengan jelas ratusan terumbu karang yang benar-benar menakjubkan. Belum lagi ikan-ikan kecil yang menari-nari di sekitar terumbu karang.

Bahkan jika Anda tak ingin menyelam pun, pemandangan cantik itu juga bisa Anda nikmati. Setelah puas menikmati keindahan bawah laut dengan berenang dan snorkeling, pasir putih Pantai Ora yang terang dan air lautnya yang biru tenang akan membuat lupa dengan hiruk-pikuk kehidupan di kota besar.

Selain keindahan pantai dan terumbu karang di Pantai Ora, jangan lewatkan untuk mengelilingi sekitar Taman Nasional Manusela dengan menggunakan kapal bermotor. Paling tepat menikmati suasana TN ini adalah di pagi hari.
Pantai-Ora-di-Maluku
Pantai Ora. (Foto: Barry Kusuma)

Jika ingin suasana unik dan santai kita bisa menggunakan kapal ketinting dari nelayan sekitar untuk diajak berkeliling Taman Nasional Manusela. Pantai Ora salah satu destinasi yang wajib dikunjungi dan tidak salah lokasi ini dinamakan Heaven on Earth.


Sumber : kompas.com

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar